Entri Populer

Sabtu, 15 Oktober 2011

Diksi dan Makna Kata

Diksi dan Makna Kata
1. Pengertian Diksi
Diksi adalah ketepatan pilihan kata untuk menyatakan sesuatu. Diksi atau pilihan kata pada dasarnya adalah hasil upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam kalimat, alinea, atau wacana. Diksi dalam arti aslinya dan pertama, merujuk pada pemilihan kata dan gaya ekspresi oleh penulis atau pembicara. Dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diksi berarti "pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan)”.
2. Pengertian Makna Kata
Arti atau makna adalah hubungan antara tanda berupa lambang bunyi-ujaran dengan hal atau barang yang dimaksudkan. Makna sebuah kata atau sebuah kalimat adalah makna yang tidak selalu berdiri sendiri. Menurut Chaer (1994:6) makna kata terbagi atas beberapa kelompok :
a. Makna leksikal adalah makna yang sesuai dengan referennya, sesuai dengan hasil observasi alat indera, makna yang sungguh-sungguh nyata dalam kehidupan kita, atau makna kamus.
b. Makna gramatikal adalah makna yang ada hubungannya dengan struktur bahasa.
c. Makna konotatif dan makna denotatif
Makna konotatif adalah makna kias, bukan sebenarnya dan dapat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain dan berubah dari suatu masa ke masa yang lain. Sedangkan makna denotatif adalah makna yang sesuai dengan apa adanya.
d. Makna referensial dan makna nonreferensial
Makna refensial adalah makna sesuatu di luar bahasa yang diacu oleh kata itu atau kata bermakna referensial bila mempunyai referen. Sedangkan, makna nonreferensial adalah kata yang tidak memiliki referen.
e. Makna idiomatik adalah makna yang ada konsepnya.
f. Makna konseptual adalah makna yang dimiliki oleh leksem terlepas dari konteks atau asosiasi apapun.

Tidak ada komentar: