Entri Populer

Senin, 20 September 2010

PENGERTIAN KEBUGARAN JASMANI



1. Pengertian kebugaran jasmani menurut Prof. Sutarman adalah suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak.
2. Prof. Soedjatmo Soemowardoyo menyatakan bahwa kesegaran jasmani adalah kemampuan menyesuaikan tubuh untuk fungsi alat – alat tubuhnya dalam batas-batas fisiologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dsb) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.
3. Menurut Nixon
Kebugaran jasmani berhubungan dengan organ-organ tubuh seseorang untuk melaksanakan tugas-tugasnya setiap hari dengan baik tanpa mengalami kelelahan dan masih mempunyai sisa-sisa tenaga dan kekuatan untuk menghadapi keadaan darurat yang tiba-tiba dan dapat memanfaatkan waktu luangnya.

Kesimpulan:
Menurut saya kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan/kesanggupan fisik seseorang di mana seseorang dapat menyesuaikan tubuh atau menggunakan fungsi alat-alat tubuhnya dengan maksimal sehingga ia dapat melakukan kerja fisik/aktifitasnya dengan baik tanpa menyebabkan efek lelah berlebihan.

Tidak ada komentar: